UMJ Sebagai Tuan Rumah Pelatihan dan Penyegaran Wasit Renang Kategori D

UMJ Sebagai Tuan Rumah Pelatihan dan Penyegaran Wasit Renang Kategori D

Ciputat – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi tuan rumah kegiatan Pelatihan dan Penyegaran Wasit Renang Kategori D Tingkat Kota Tangerang Selatan, yang merupakan inisiatif Akuatik Indonesia Kota Tangerang Selatan.

Acara pembukaan, yang berlangsung di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ pada Sabtu, 13 Januari 2024, dihadiri oleh Wakil Dekan II FIP UMJ, Dr. Diah Andika Sari, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Diah menyatakan dukungan terhadap pelatihan tersebut dan berharap dapat memberikan kontribusi signifikan bagi dunia akuatik dan renang di Tangerang Selatan.

“Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas olahraga di Tangerang Selatan dan membantu melahirkan atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Dr. Diah.

Ketua Atletik KONI Tangerang Selatan, Drs. Gatot Sukartono, M.Or., menyampaikan apresiasi kepada UMJ atas kerja sama dalam penyelenggaraan pelatihan wasit ini. Beliau menekankan peran UMJ sebagai penggerak dalam pengembangan olahraga di wilayah tersebut.

“Pelatihan ini tidak hanya penting bagi pengembangan individu, tetapi juga untuk kemajuan akuatik di Tangerang Selatan,” pesan Drs. Gatot kepada para peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelatih, dan dosen.

Ketua Akuatik Indonesia Kota Tangerang Selatan, Wahid Ridho, S.Ap., menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Banten tahun 2026. “Kami berupaya meningkatkan standar perwasitan dan juri untuk menyambut event besar di tahun 2026, di mana Tangerang Selatan akan menjadi tuan rumah,” terang Wahid.

Wahid juga mengajak mahasiswa dan dosen UMJ untuk bergabung dengan Akuatik Indonesia Kota Tangerang Selatan, menegaskan bahwa UMJ sebagai kampus dakwah mendukung penyebaran informasi dan ilmu yang bermanfaat.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 50 peserta dari berbagai latar belakang akademis dan profesional. Edho Kurniawan, salah satu peserta sekaligus pelatih Les Renang Jakarta, menyatakan antusiasmenya terhadap program pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama bagi wasit pemula, sebagai langkah awal dalam memperoleh lisensi wasit kategori D,” kata Edho.

Narasumber pelatihan adalah akademisi dan praktisi berlisensi nasional dan internasional, termasuk Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd., AIFO, dosen dan Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga FIP UMJ, yang menyampaikan materi tentang Pengantar Perwasitan.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu, 13-14 Januari 2024, dengan sesi teori pada hari pertama dan praktik pada hari kedua.

(*)