Sport Tourism & Sport Industry: Bamsoet Dukung Langkah Maju KONI Tangsel

Sport Tourism & Sport Industry: Bamsoet Dukung Langkah Maju KONI Tangsel

Jakarta – Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang lebih dikenal dengan nama Bamsoet, memberikan dukungannya kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Letkol (purn) M. Hamka Handaru.

Menurut Bamsoet, KONI Tangsel akan terus aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga menjelang penutupan tahun 2024.

Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk Kejuaraan Panahan Terbuka Tangsel 2024, Maraton Runway Tangsel 2024, Kompetisi Marching Band Internasional Tangsel (TIMBC) 2024, serta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KONI yang akan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Indonesia pada tahun 2024.

“Berbagai event tersebut akan menyemarakan Kota Tangerang Selatan. Menghidupkan geliat perkotaan melalui aktivitas olahraga, sekaligus menjadikan olahraga sebagai industri (sport industry) serta olahraga sebagai penunjang pariwisata (sport tourism). Melalui berbagai event ini, KONI Tangsel telah menjalankan fungsi pembinaan atlet, sekaligus sebagai pemanasan para atlet menjelang PON 2024,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (10/6/2024).

Setelah bertemu dengan jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangerang Selatan, Ketua DPR RI yang ke-20 memberikan penjelasan bahwa Kejuaraan Panahan Terbuka Tangerang Selatan 2024 akan diadakan pada bulan Agustus 2024 di Lapangan Sunburst, BSD. Kejuaraan ini akan mempertandingkan beberapa kategori, yaitu Kejuaraan Pemula U-13, Kejuaraan Junior U-17, dan Kejuaraan Prestasi Umum.

Bambang Soesatyo menambahkan bahwa kejuaraan tersebut akan diikuti oleh para atlet panahan dari berbagai negara di kawasan ASEAN, Jepang, dan Australia. Kejuaraan ini menargetkan partisipasi sebanyak 1.500 atlet dengan jumlah pengunjung yang diperkirakan mencapai 6.000 orang.

“Sedangkan Tangsel Run Way Marathon 2024 dan Tangsel International Marching Band Competition 2024 akan diselenggarakan bersamaan pada November 2024 di Pangkalan Udara Pondok Cabe. Kategorinya Run 5K dan Run 10K. Event ini sangat menarik, karena para peserta akan lari di lintasan pacu pesawat di Pangkalan Udara Pondok Cabe,” jelasnya.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengumumkan bahwa Kompetisi Marching Band Internasional Tangerang Selatan 2024 akan diadakan sebagai salah satu rangkaian acara menuju Asian Music Games.

Berbagai kategori yang akan dilombakan meliputi Parade Jalanan, Pertarungan Drumline Divisi Terbuka, Konser Seni Modern Divisi Junior TK, dan Pertunjukan Marching di Lapangan.

Bambang Soesatyo juga menyatakan bahwa selain mengadakan berbagai kegiatan olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangerang Selatan sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KONI Kota dari seluruh Indonesia, yang direncanakan akan berlangsung pada bulan November 2024.

“Keempat event yang diselenggarakan KONI Tangsel tersebut juga akan menyertakan side event lain seperti bazaar UMKM yang menjual berbagai produk merchandise, kuliner, dan lain sebagainya, serta penampilan musik dari berbagai musisi. Sehingga memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat kota Tangsel,” pungkas Bamsoet.

Untuk informasi, hadir pula dalam kegiatan tersebut pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangerang Selatan, yang meliputi Ketua Umum Letnan Kolonel (Purnawirawan) M. Hamka Handaru, Sekretaris Umum Djoko Nugroho, serta Bendahara Umum Dadi Kusnadi.

(*)