Pesta Olahraga Terbesar Banten, Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Pesta Olahraga Terbesar Banten, Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Tangsel – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten yang akan berlangsung pada tahun 2026. Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, mengonfirmasi persiapan setelah rapat paripurna di Gedung DPRD Tangsel pada Rabu, 27 Maret 2024.

“Insya Allah, hari ini saya akan bertemu dengan KONI pukul 15.00 WIB untuk membahas persiapan Porprov, termasuk sosialisasi. Kami juga mengharapkan dukungan dari rekan-rekan media,” ujar Benyamin.

Lebih lanjut, Benyamin menyampaikan bahwa Pemkot Tangsel telah merencanakan pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan Porprov 2026.

“Kami akan membangun beberapa sarana sendiri dan juga bekerja sama dengan pihak eksternal. Beberapa fasilitas akan kami sewa, dan ada juga yang kami pinjam,” jelasnya.

Benyamin menambahkan bahwa pembangunan tersebut akan disesuaikan dengan kualifikasi masing-masing tempat, dan rencana pembangunan untuk tahun 2025 sudah disiapkan.

“Kami juga akan mempertimbangkan kebutuhan dan lokasi lapangan di luar Tangsel. Hal ini telah kami komunikasikan dengan KONI Provinsi dan pihak terkait lainnya,” tambahnya.

“Ada lima lokasi yang direncanakan, termasuk lapangan baseball di Alam Sutera dan beberapa venue lain yang akan kami bangun,” kata Benyamin.

“Kami juga akan menggunakan fasilitas di British School, saya sudah berbicara dengan manajernya. Lapangan bola dan kolam renang di sana sudah memenuhi standar. Nantinya, KONI yang akan menentukan penggunaannya,” tutup Benyamin.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Tangerang Selatan, Hamka Handaru, menyatakan bahwa para Ketua Cabang Olahraga (Cabor) sedang berkoordinasi mengenai persiapan dan standarisasi venue yang akan digunakan.

“Para Cabor sedang berkoordinasi terkait persiapan venue dan standarisasinya, termasuk penataan untuk penonton. Kami sedang mengkaji semuanya,” kata Hamka melalui sambungan telepon.

“Tujuan kami bukan hanya sukses selama Porprov Banten saja, tetapi juga agar setelah event tersebut, kami memiliki venue olahraga yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan,” pungkasnya.

(*)