Pemkot Tangsel dan IPSI Kolaborasi dalam Kejuaraan Pencak Silat

Pemkot Tangsel dan IPSI Kolaborasi dalam Kejuaraan Pencak Silat

Bintaro, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan, bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), mengadakan kejuaraan pencak silat C-More Championship. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan minat anak-anak terhadap pencak silat.

“Kegiatan ini tentu bisa menjadi pemicu bagi anak-anak di Tangsel untuk semakin menyukai olahraga. Kami juga mengajak orang tua untuk terus mendukung putra-putri mereka jika mereka memiliki minat di bidang olahraga,” ujar Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel, Hamka Handaru, di Tangerang pada hari Jumat.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung perkembangan pencak silat di Kota Tangerang Selatan. Terlebih lagi, Pemkot telah menjadikan pencak silat sebagai muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah.

Dia menjelaskan bahwa pencak silat bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga ada unsur budaya yang harus dijaga dan dikembangkan. “Jadi, pencak silat itu tidak hanya olahraga, ada juga budaya di dalamnya,” katanya.

Menjelang tahun 2026, Pemkot Tangsel memiliki target tinggi untuk meraih juara umum dalam ajang olahraga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten dan Tangsel ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Kami juga berharap bahwa acara ini bisa mendorong anak-anak, terutama orang tua, untuk memilih pencak silat sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan hobi dan energi positif,” ujarnya.

Ketua IPSI Tangsel, Delima Bungsu Andy, menjelaskan bahwa kejuaraan ini merupakan yang pertama kali digelar secara serentak, baik dalam kelas tanding maupun kelas festival.

“Untuk arena tanding berada di Plaza Puspemkot dan arena festivalnya digelar di Halaman Puspemkot Tangsel,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi pencak silat ke masyarakat sekaligus pelestarian kebudayaan, serta memperebutkan Piala Wali Kota Tangerang Selatan.

“Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari komitmen Pemkot Tangsel terhadap pencak silat yang menjadikannya sebagai muatan lokal pembelajaran di sekolah-sekolah,” katanya.

(*)