Pemkot Tangsel Bangun Lima Venue, Sambut Porprov Banten 2026

Pemkot Tangsel Bangun Lima Venue, Sambut Porprov Banten 2026

Ciputat – Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menegaskan kesiapan kota tersebut untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten pada tahun 2026. Sebagai bagian dari persiapan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan berencana membangun lima venue olahraga baru pada tahun 2025.

“Kami memiliki lima lokasi yang direncanakan, termasuk lapangan baseball dan beberapa fasilitas lain di Alam Sutera, serta beberapa venue yang sedang dalam proses pembangunan,” ujar Benyamin pada hari Rabu, 27 Maret 2024.

Koordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sedang berlangsung untuk memastikan semua persiapan Porprov Banten 2026 berjalan lancar, mengingat Tangsel akan menjadi tuan rumah ajang olahraga empat tahunan ini.

“Insya Allah, hari ini saya akan bertemu dengan KONI pukul 15.00 WIB untuk membahas persiapan Porprov, termasuk sosialisasi dan lainnya,” jelas Benyamin.

Benyamin juga meminta dukungan dari media terkait persiapan dan pelaksanaan Porprov nanti.

Lebih lanjut, Benyamin menyatakan bahwa Pemkot Tangerang Selatan sedang berkomunikasi dengan pihak swasta untuk menentukan lokasi yang bisa disewa untuk pelaksanaan Porprov.

“Kami memiliki sarana yang kami bangun sendiri dan juga berkolaborasi dengan pihak swasta. Beberapa akan kami sewa, dan beberapa lainnya kami pinjam,” tuturnya.

Salah satu lokasi yang akan digunakan adalah British School, yang menurut Benyamin memiliki lapangan bola dan kolam renang yang memenuhi standar. Keputusan akhir tentang penggunaan fasilitas tersebut akan ditentukan oleh KONI.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Tangerang Selatan, Hamka Handaru, menyampaikan bahwa para Ketua Cabang Olahraga (Cabor) sedang berkoordinasi mengenai kesiapan dan standarisasi venue yang akan digunakan.

“Para Cabor sedang melakukan koordinasi terkait persiapan venue dan standarisasinya, termasuk penataan untuk penonton. Kami sedang mengkaji semuanya,” kata Hamka melalui sambungan telepon.

Hamka menambahkan, “Tujuan kami bukan hanya untuk sukses selama Porprov Banten saja, tetapi juga agar setelah event tersebut, kami memiliki venue olahraga yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan.”

(*)