Mengintip Persiapan Tangsel untuk Porprov Banten 2026

Mengintip Persiapan Tangsel untuk Porprov Banten 2026

Tangerang Selatan – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten pada tahun 2026. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangsel, Hamka Handaru, mengumumkan rencana untuk perbaikan, revitalisasi, dan penambahan venue sebagai bagian dari persiapan.

“Kami akan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan, perbaikan, dan revitalisasi, serta mulai menstandarisasi venue yang ada di Tangsel. Jika diperlukan, kami akan membangun venue baru. Sebagai tuan rumah, kami harus memanfaatkan momentum ini,” ujar Hamka pada Kamis, 28 Maret 2024.

KONI Tangsel memberikan perhatian khusus pada pendidikan dan kesejahteraan para atlet, mengingat olahraga telah menjadi profesi yang prestisius.

“Orang tua tidak perlu khawatir lagi jika anaknya menjadi atlet. Banyak atlet kini mampu meningkatkan martabat diri dan keluarganya. KONI sangat memperhatikan jalur pendidikan bagi atlet yang berprestasi,” tambah Hamka.

Hamka juga menegaskan bahwa Tangsel, sebagai tuan rumah, harus menargetkan menjadi juara umum di Porprov 2026.

“Kami terinspirasi oleh semangat atlet, pengurus, dan semua pihak yang terlibat dalam Porprov sebelumnya. Kami memiliki semangat juang yang sama, terutama karena kami akan menjadi tuan rumah. Target kami adalah menjadi juara umum,” tegasnya.

Menurut Hamka, Porprov sebelumnya merupakan manifestasi dari keinginan para atlet untuk mendapatkan pengakuan yang layak dan menjadi yang terbaik di Provinsi Banten. Hasilnya, Tangsel berhasil naik dari peringkat empat ke tiga.

“Pemerintah Kota Tangsel mengapresiasi dengan meningkatkan bonus. Kami berharap di Porprov 2026, kami akan mencapai hasil yang lebih baik lagi,” tutupnya.

(*)