KONI Tangsel Inisiasi Program Pendidikan untuk Atlet Berprestasi Masuk Sekolah Negeri

KONI Tangsel Inisiasi Program Pendidikan untuk Atlet Berprestasi Masuk Sekolah Negeri

Bintaro – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang Selatan berkomitmen untuk menjamin pendidikan bagi atlet berprestasi agar dapat melanjutkan studi di sekolah negeri.

Ketua KONI Kota Tangsel, Hamka Handaru, mengungkapkan bahwa atlet yang berprestasi dan meraih juara dalam suatu event olahraga, akan mendapat rekomendasi dari KONI untuk masuk ke sekolah negeri tingkat SMP hingga SMA melalui jalur prestasi.

“Inisiatif ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota Tangsel terhadap atlet yang telah mengharumkan nama daerah,” ujar Hamka pada hari Sabtu, 30 Maret 2024.

Hamka menambahkan bahwa KONI Tangsel sangat memprioritaskan pendidikan dan kesejahteraan para atletnya, mengingat olahraga kini telah menjadi profesi yang prestisius.

“Orang tua tidak perlu khawatir lagi jika anaknya berkarier sebagai atlet. Saat ini, banyak atlet yang berhasil meningkatkan martabat diri dan keluarganya melalui prestasi olahraga,” lanjut Hamka.

Di sisi lain, Pengcab Muaythai Tangsel, Irwan Taufik, menjelaskan bahwa program beasiswa jalur prestasi telah membantu banyak atlet Tangsel untuk diterima di SMP dan SMA Negeri, termasuk atlet Muaythai.

Oleh karena itu, ia mengajak para orang tua untuk mendaftarkan anak-anak mereka dalam seleksi calon atlet generasi baru Kota Tangsel, terutama menjelang penyelenggaraan Porprov VII Banten tahun 2026.

“Kami juga menargetkan partisipasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII dan ajang internasional,” terang Irwan.

Pengcab Muaythai Tangsel saat ini tengah membuka pendaftaran untuk mencari atlet generasi penerus. “Selama masa pembinaan, tidak ada biaya yang dibebankan kepada peserta, karena semua biaya telah ditanggung oleh KONI Tangsel melalui dana hibah dari Pemerintah Kota Tangsel,” jelas Irwan.

(*)